ads

Tuesday, October 2, 2012

Siri Pengembara Ibn Battuta/Sufi Moden ke Lombok


Lagak Aji Anep dengan beg packernya... 
Layari: http://sheikhmustafakamal.blogspot.com/2008/07/disangka-penyangak-maori.html


 3 buah pulau dijajah Aji Anep dalam sehari suntuk...



Bukan sekali, sebelumnya tahun 1999, Aji Anep bersolo di Eropah. Menjelajah UK, melewati Time-Tunner ke Paris. Terus ke Balgium dan Rom. 

Pelbagai ceritara dan pedoman dilakarkan. Teringat Mat Negro meng'ikhlas'kan kasut ketika singgah bersolat di sebuah masjid akibat kasut yang dipakainya rosak robik.

Tahun 2003, Aji Anep bersama 3 teman lainnya bergerak melalui Klang menaiki feri ke Dumai. Tragedi Sate Lidah Goyang (apa tu?, nak tau cari sendiri) menjadi kenangannya. Dari Dumai terbang ke Jakarta dan terus ke Bali.


Dalam usia senja langkahnya tidak bernoktah... Aji Anep aka Ibn Battuta si pengembara solo aka kembara galas beg membawa kompas memulakan langkah berani menjelajah pulau Lambok. Konon cerita, ramai lelaki Lombok melarikan anak gadis dan bermahligai di sana. Dan dikhabarkan kehidupan mereka penuh sensara dan dukalara. Ibn Battuta aka Aji Anep mencari kepastian!. Adakah cerita itu benar belaka?.

Berbanding Pulau Bali yang harum sedunia, tidak ramai mengetahui rahsia Pulau Lombok. Lombok kian membangun dengan sumber pendapatan utama ialah pelancongan.  Terletak bersebelahan pulau dewata itu, Lombok dikelilingi pantai dan gunung-ganang yang memukau pandangan.

Aji Anep seperti bermimpi di siang hari apabila melancong ke Lombok terletak di wilayah Nusa Tenggara Barat yang lebih dikenali sebagai tempat anak gadis Malaysia dilarikan.


Memulakan langkah marlboro... Aji Anep menggunakan penerbangan Air Asia sekitar RM300 terus ke Bali. Seharian di Bali dan menodai kota dengan bersepeda sekitar RM15 seharian. Ini menimbulkan kebosanan. Lagi pun sudah banyak kali ke Bali. Para perwisata kebanyakan menggunakan sepeda atau motor untuk bersiar-siar. Wali kota telah menjadikan jalanrayanya sehala dan begitu macet. Ini membuatkan Aji Anep muak.

Kehidupan sukar di Lombok.
Selong Great Mosque in Lombok – Indonesia

Dan keesoknya Aji Anep menempah tiket ke Lambok menggunakan Merpati Air RM220 dan sekitar 1 jam sampai di Lapangan Terbang Selaparang, Mataram. Menginap di Hotel Suram di Mataram berdekatan masjid Bayan Beleq dan kedengaran setiap waktu azan. Aji Anep menghabiskan usia siang dengan bersepeda RM12 sehari di Lombok yang terdapat peninggalan kerajaan Hindu yang bernama Taman Narmada yang di kenal juga dengan sebutan Air Awet Muda oleh Masyarakat setempat berlokasi di Lombok Barat.


Paket Wisata Harian Soft Trekking di Pulau Lombok
Di beberapa tempat di Lombok, khusunya di sekitar tempat anda menginap iaitu Senggigi banyak tempat yang belum pernah di kunjungi wisatawan, kami menawarkan soft trekking bagi anda yang senang berpetualang yang akan mengunjungi pedesaan yang di kelilingi bukit.

Pemandangan dari atas bukit sangat indah, deretan rumah-rumah dari atas bukit seperti taman miniatur apalagi lautan biru yang begitu luas seakan tak berujung. Anda akan di jemput di hotel dengan pakaian ringkas.
Selanjutnya soft trekking akan di mulai dengan mengantar anda ke utan Monyet Pusuk, Di Sini soft trekking anda mulai dengan menuruni bukit bukit dan melewati beberapa desa traditional suku sasak diiringi pemnadangan yang sangat indah dengan hamparan bukit hijau dan laut serta tanjung-tanjung yang menjulang ke laut di areal senggigi.


Di beberapa desa yang anda lewati, anda dapat melihat beberapa desa yang secara traditional membuat gula merah dan tuak manis, juga anda dapat meliat keseharian suku sasak lombok yang jarang anda saksikan.

Perjalanan soft trekking ini hanya memakan waktu selama 04-05 jam jalan kaki, perjalanan akan di mulai di Puncak Pass Pusuk dan berakhir di Desa Duduk atau di Desa Batu Bolong.


AIR TERJUN BENANG STOKEL KE AIR TERJUN BENANG KELAMBU

Package soft trekkking lain yang bisa ditawarkan adalah Soft trekking dari air terjun Benang Stokel ke air terjun Benang Kelambu.

Kedua air terjun di atas adalah air terjun yg alami yg ada di Lombok Tengah, lokasinya yang berada di kaki bukit pegunungan Rinjani memberikan udara yang sangat segar buat anda.
Trekking ini di mulai dengan penjemputan di hotel sekitar senggigi, perjalanan dari Senggigi ke Benang Stokel memakan waktu 1.5 Jam dengan kendaraan kami yang nyaman.
Dalam perjalanan ini, anda akan melihat keindahan sawah bertingkat yang tiada duanya di Lombok, pedesaan suka sasak dan perkebunan Kopi, Vanila dan pisang bertebaran di mana mana.

Setelah tiba di Air terjun Benang Stokel, anda kami bawa untuk melakukan soft trekking ini dengan menyelusuri perkebunan milik rakyak dan juga anda akan melihat pemandangan yang sangat indah di areal ini.
Perjalanan dari Benang Stokel menuju Benang Kelambu memakan waktu sekitar 2.5 jam jalam kaki pulang pergi.

Anda bisa menikmati pemandangan laut, tanjung-tanjung pulau lombok, Ikan lumba-lumba dan ikan terbang.


Wisata Snorkeling Ke Pulau Gili Trawangan and Meno

Logbook secara umum lebih di kenal karena Gunung Rinjaninya dan pulau-pulau kecil yang berada di utara lombok yaitu : Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.Gili dalam bahasa sasak yaitu : Pulau.

Beberapa tahun silam sebelum gili-gili lombok di kenal di mancanegara, pulau-pulau ini hanyalah pulau yang di huni oleh para nelayan dari Bajau dan Bugis, Suku perantau dan Nelayan asal Sulawesi Selatan.
Hampir 80 % mayoritas penduduknya adalah nelayan bugis dan bajau, sisanya adalah suku asal sasak (Lombok Pribumi).

Dalam perkembangan zaman, Pulau pulau Gili dengan terumbu karangnya yang indah terdengar hingga ke mancanegara, maka berbondong-bondonglah para tamu wisatawan mancanegara dan nusantara berkunjung ke gili gili lombok. Infastruktur mulai di bangun, Hotels, resort dan restaurant berjejer dari arah selatan hingga ke utara gili gili lombok.

Wisata Ke Gili Trawangan

Perjalanan dari senggigi ke Gili Trawangan memakan waktu 1 Jam dengan perahu Outrigger, Setiba anda di Gili Trawangan, Kami menyediakan keperluan alat-alat snorkeling di antaranya : Mask, Flipper, ban renang maupun jaket pelambung.


Silakan menikmati turumbu karang gili-gili lombok dengan ikan-ikan hiasnya yang sangat indah juga jika anda beruntung, maka anda akan melihat penyu-penyu hijau yang sangat langka tapi begitu mudah di lihat di gili-gili Lombok.

Setelah makan siang di restaurant setempat, anda kami pelawa menuju Gili Meno, Pulau ini berada di tengah di antara ketiga gili gili lombok, Anda bisa menyewa Cidomo, Alat transport satu-satunya di gili karena di gili-gili Lombok tidak ada kendaraan bermotor, baik itu Sepeda motor maupun mobil, Di gili-gili Lombok hanya ada Cidomo (Cikar, Dokar dan Mobil ) serta sepedah gayung.

Sebelum mataram tenggelam, Anda sudah berada kembali di penginapan anda di Senggigi.

Tidak ada masakan Lombok yang bisa diolah di Jakarta tanpa mendatangkan paling tidak cabai kering dan terasi khas dari Pulau Lombok. Cabai dari Lombok—yang dalam bahasa Jawa juga berarti cabai—mempunyai reputasi pedas yang lebih menggigit dibandingkan cabai yang tumbuh di bagian lain negeri ini.

Bila belum berkesempatan melancong ke Lombok untuk mencicipi masakan dengan cabai Lombok yang dahsyat, beberapa rumah makan yang menyajikan masakan tradisional Lombok bisa ditemukan di Jakarta, antara lain Pondok Sekarbela di Jalan Suryo, Jakarta Selatan, dan Putera Lombok di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ayam taliwang bisa dikatakan sebagai masakan khas Lombok yang paling dikenal di berbagai daerah. Namun, nama masakan itu justru tak tercantum dalam daftar menu di Pondok Sekarbela. Jangan buru-buru kecewa, menu ayam bakar seraten di rumah makan ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan ayam taliwang.

”Kalau ayam taliwang manisnya dari madu, kalau ayam seraten dari gula aren,” ujar Adiyat Adiyaksa, Manajer Pondok Sekarbela.

Bumbu seraten yang bisa dimasak dengan ayam kampung atau ikan—terutama nila dan gurami—adalah bumbu khas dari Sekarbela, sebuah kawasan sentra kerajinan mutiara di Pulau Lombok. Pemilik rumah makan ini, H Fatoni, yang memang warga asal Sekarbela, memilih menggunakan nama dan bumbu asli daerahnya.

Masakan ayam di Lombok, baik dengan bumbu seraten maupun taliwang—Taliwang juga nama sebuah kawasan di Pulau Sumbawa yang bertetangga dengan Lombok—sebenarnya sama-sama merupakan olahan ayam bakar. Namun, menyesuaikan dengan lidah warga non-Lombok yang datang ke Sekarbela ataupun Putera Lombok, disajikan pula ayam goreng.

Restoran yang menyajikan masakan Lombok di Jakarta umumnya menawarkan tingkat pedas sedang, pedas, dan sangat pedas alias pedas ”Lombok” khusus bagi yang ingin mencicipi selera asli daerah itu.

Di Pondok Sekarbela, pada sepiring plecing kangkung, tingkat kepedasan sedang berarti dua biji cabai rawit yang dihaluskan bersama tomat dan terasi Lombok. Sajian yang diistilahkan pedas dibuat dengan 4-5 biji cabai rawit, sedangkan versi asli Lombok yang sangat pedas bisa dibuat dengan 10 biji cabai rawit untuk satu porsi sajian.

Reputasi cabai Lombok yang ekstra pedas membuat tingkat ”sedang” pun sebenarnya tak bisa diremehkan oleh penyantap yang tidak ”berlidah” asli Lombok. ”Sering juga ada pengunjung yang bukan orang Lombok nantangin mau makan yang pedas ’Lombok’. Ya, sebentar saja langsung salah tingkah kepedasan,” ujar Adiyat.


Segar menggiurkan

Selain rasa pedasnya yang menantang, masakan Lombok juga menyuguhkan paduan optimal rasa manis, asin, dan kesegaran dari pilihan bahan makanan. Kesegaran ini terasa menggiurkan, terutama pada plecing kangkung dan lalapan beberuk. Plecing dibuat dengan rebusan kangkung, taoge, kacang tanah goreng, urap kelapa, dan sambal tomat. Kangkung khas Lombok ini tetap hijau segar meski direbus.

Sementara lalapan beberuk terdiri dari rajangan mentah terung hijau, kacang panjang, dan bawang merah dengan sambal tomat. Sambal tomat di restoran masakan Lombok ini dibubuhi terasi Lombok yang rasa dan aromanya amat khas. Sambal tomat baru dibuat per porsi setiap kali pengunjung memesan.

Selain minuman manis, penawar pedas bisa didapat dengan tempe goreng tepung khas Lombok yang disajikan dengan sambal gula aren. Tempe goreng khas Lombok ditandai dengan irisan cabai merah pada balutan tepungnya.
 Plecing kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan saus sambal terasi, tomat, toge, kacang, dan jeruk nipis.
 Cabai dari Lombok yang dalam bahasa Jawa juga berarti cabai, mempunyai reputasi pedas yang lebih menggigit dibandingkan cabai yang tumbuh di bagian lain negeri itu.

 Ayam Taliwang dan Lombok ibarat dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena hidangan pedas ini sudah sangat melekat dengan Lombok. Ternyata bukan hanya Ayam Bakar Taliwang saja yang bisa dinikmati, ada juga Ikan Bakar Taliwang khas Lombok. Masakan ini sangat enak dinikmati sebagai menu makan siang atau  makan malam, bersama nasi putih hangat yang pulen. 

Layari: http://www.indonesiakaya.com/see/read/2011/11/13/823/20020/2/Ikan-Bakar-Taliwang


Kalau dimaksudkan untuk penawar pedas, cabai rawit yang dihaluskan hanya dibubuhkan sedikit bersama bawang putih pada sambal gula arennya.

Satu lagi masakan khas Sekarbela adalah kime-kime daging. Selain versi aslinya yang berkuah santan, di Pondok Sekarbela disediakan pula kime-kime daging tumis. Kime-kime dibuat dari daging cincang, irisan tahu goreng, kacang panjang, kuah santan, dan tentu saja cabai rawit.

Meski berkuah santan, kime-kime tak terasa berat seperti gulai. Santan encer, kacang panjang yang tak terlalu masak, dan irisan cabai menghadirkan rasa segar selain gurih.
Di Putera Lombok, ayam bakar taliwang yang ”bersaudara” dengan ayam bakar seraten menjadi menu utama. Bumbu taliwang di rumah makan yang menempati sebuah ruko di Boulevard Kelapa Gading ini juga bisa dibubuhkan pada olahan ikan lele bakar. Selain beberuk dan plecing kangkung, terung bakar sambal terasi juga menjadi pilihan menu sayur yang menggoda.

Jangan lupa, tentukan sejak awal sebelum memesan menu. Mau yang sedang, pedas, atau memang berani menjajal pedas ”Lombok”.

Ramai orang memujuk dia untuk pulang ke pangkuan keluarga, dia berdegil. Dia mendakwa kononnya hidup bahagia di samping suami tersayang. Hasil pernikanan tanpa berwalikan ayah, dia kini mengandung hampir  7 bulan, anak bersama suami berasal dari Pulau Lombok berusia 26 tahun, Hazif Sukma.

Hemat saya, pemikiran gadis itu pendek, sementah usianya, 15 tahun. Nama jolokannya Bella. Ring a bell? Salsabilah Yunan, bekas pelajar tingkatan 3, Sekolah Menengah Kebangsaan Kampung Batu Muda, Kuala Lumpur.

Kata orang, cinta itu buta, dalam kes ini, Bella buta hati. Baca kisah awal dia melarikan diri mengikuti Hazif ke Pulau Lombok, Indonesia.
Layari: http://www.mazidulakmal.com/2010/02/bella-ring-bell.html
(Layari: https://www.google.com.my/search?q=gadis+lombok.+in+donesia&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a)

 Foto orang-orang Lombok lewat dulu.


PAKET WISATA ALAM DI LOMBOK
Program 4 hari /3 malam


Hari 01. Kedatangan - Transfer In Ke Hotel
Tiba di Lombok anda kami jemput dan langsung kami antar kerumah makan ayam taliwang untuk makan siang atau makan makan malam bila tiba pada malam hari, kemudian diantar menuju hotel tempat anda menginap, Check inn Hotel dan Acara bebas.

Hari 02. Wisata Air Terjun Sendanggile

Sembalun, sebuah desa di Lombok Timur yang berada di kaki Gunung Rinjani ini mempunyai daya tarik lain daripada yang lain. Wilayah ini menawarkan pesona alam pegunungan nan hijau berjejer dan mengelilingi desa yang juga menjadi salah satu desa agrowisata di Lombok Timur, salah satunya adalah Pusuk Sembalun.

Setelah sarapan pagi di hotel, selanjutnya Perjalanan wisata alam di mulai dengan mengunjungi object pertama yaitu pasar traditional Lendang bajur untuk membeli buah-buahan yang akan kita bagikan kepada monyet monyet yang ada di hutan pusuk, kemudian perjalanan dilanjutkan ke Hutan Pusuk yang dihuni oleh Ratusan Kera yang berkeliaran di sepanjang jalan menanti makanan dari pengunjung, setelah puas bercengkraama dan berphoto ria bersama para monyet-monyet.

Selanjutnya perjalanan kita lanjutkan ke air terjun sambilan menikmati keindahan alam pulau Lombok bagian utara dengan melewati bukit dan hutan. Mengunjungi Segenter desa tradisional Sasak yang masih sangat alami dan kuno. Kemudian mengunjungi Masjid kuno Bayan. Dan terakhir mengunjungi Air Terjun Sendang Gile di kaki Gunung Rinjani dengan suara gemercik air menerpa batu bagaikan suara nyanyian yang merdu menambah makin indahnya alam disekitarnya dengan udara pegunungan yang segar dan alami. Di Air terjun silakan anda mandi sepuas puasnya, selesai mandi selanjutnya kita makam siang di Rumah Makan Pondok senaru yang berada di ketinggian 700 meter datas permukaan laut sambilan menikmati pemandangan sawah yang terhampar luas nan hijau dari kejauhan. sore hari kita kembali ke hotel dengan melewati pantai malimbu dengan pemandangan matahari tenggelam di balik gunung agung di pulau Bali. Selanjutnya menuju hotel dan istirahat acara bebas.

Hari 03. Wisata Tete Batu Pemandangan Gunung. 


Setelah sarapan pagi di hotel, anda kami jemput. Wisata ini akan membawa anda ke pulau Lombok bagian timur dengan hamparan tanah pertanian yang indah. Pertama anda akan mengunjungi Pringgasela, desa tenun tradisional dengan design dan motif yang sangat exotic, Loyok, desa pengerajin anyaman dari Bambu. Kemudian ke Tete Batu, daerah pegunungan yang indah dengan panorama keindahan kaki gunung Rinjani yang sejuk dan nyaman. Makan siang di Rumah makan setempat yaitu di wisama sojoeno sambilan menikmati pemandangan hamparan sawah nan hijau, selanjutnya menuju Otak Kokok, air terjun yang airnya berasal dari gunung Rinjani yang sungguh dingin dan sangat berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Dan setelah puas mandi di air terjun sore hari kita kembali ke hotel, istirahat dan acara bebas.

 Hari 04. Check Out Hotel - Transfer Airport

Setelah sarapan pagi di hotel, selanjutnya kami jemput anda untuk di transfer ke airport, dan acara wisata alam di pulau Lombok selesai dengan kenangan manis yang tak terlupakan sepanjang hidup.



.... Catatan kenangan buat Aji Anep yang diingati.


No comments: